Rabu, 04 Juli 2012

Cara Gampang Cari Duit di Internet

Alhamdulillah... Ini adalah buku pertama yang saya tulis bekerja sama dengan teman. Sesuai judulnya, buku ini berisi panduan dan cara-cara gampang untuk mencari duit dari internet. Yang saya maksud dengan cara gampang adalah tidak perlu belajar atau kursus program komputer dan internet untuk bisa mencari duit di internet. Cukup belajar beberapa menit saja, semua cara bisa dimengerti dan langsung dipraktekkan. Tapi memang ada juga beberapa cara yang tidak gampang karena perlu keahlian dan pengalaman lebih lama, baik di internet maupun belajar dari pengalaman dan panduan orang lain, misalnya Google Adsense, Money Game, MLM dan jasa lain yang harus punya keahlian tertentu untuk dijual di internet.

Sebagian besar cara yang saya tulis betul-betul gampang dan tidak perlu keahlian apapun. Yang penting adalah ketekunan, kesabaran dan ketelitian agar bukan hanya tidak melakukan kesalahan tapi juga tidak tertipu, karena di internet banyak juga orang yang menipu demi mendapat duit, apalagi karena di internet gampang sekali membuat akun dengan nama dan alamat palsu yang membuat pelaku penipuan di internet sulit dilacak.

Selain caranya gampang, juga tidak perlu modal besar, bahkan sebagian nyaris tanpa modal, asalkan punya koneksi internet, rekening bank, hape, alamat email dan mengerti apa yang harus dilakukan.

Contoh cara gampang ini misalnya ikut survey online, yaitu memberi pendapat tentang produk, kehidupan, pekerjaan, dan lain-lain. Selain dapat duit, bisa juga dapat barang atau voucher sebagai imbalan ikut survey.

Cara yang paling gampang dari semuanya yaitu dengan ikut situs klik iklan, cukup mendaftar jadi anggota, punya alamat email dan rekening bank, maka mendapat duit dari situs klik iklan bisa dilakukan walaupun bayarannya kecil tapi kalau tahu strategi dan tipsnya, maka duit yang didapat bisa banyak.

Cara gampang lain misalnya menjual tiket pesawat, tiket kereta api, voucher hotel dan pulsa hape. Modal yang dikeluarkan cuma sedikit tapi harus cukup waspada karena risiko korban penipuan di internet, baik sebagai penjual maupun pembeli.

Menjual barang di internet juga tidak perlu modal, bisa dengan ikut jadi afiliasi atau reseller, ikut MLM atau viral marketing tanpa perlu keluar modal terlalu banyak. Komisi duit bisa banyak tergantung jumlah penjualan dan harga barang yang dijual.

Cara yang agak susah misalnya Google Adsense, yang memang harus dipelajari cukup lama, banyak pengalaman, pengamatan dan terus belajar. Tapi kalau sudah dikuasai, bisa dapat duit banyak dari internet, yang hitungannya bukan lagi rupiah tapi dolar dalam jumlah ratusan sampai ribuan per bulan atau per tahun, tergantung keahlian, ketekunan dan kesabaran.

Cara yang tidak terlalu susah tapi juga tidak gampang misalnya punya situs atau blog, menulis atau membuat isi yang menarik pengunjung supaya situs/blog itu ramai dilihat orang, ada di posisi teratas dalam pencarian di Google, semua itu perlu belajar cara-cara dan tips untuk mendapat posisi teratas dan banyak pengunjung. Kalau berhasil, maka jumlah pengunjung yang banyak bisa membuat pemilik situs/blog mendapat duit dari internet dengan cara misalnya memasang tarif iklan untuk orang yang mau memasang iklan di situs/blognya.

Cara lain yang agak berisiko adalah Money Game, misalnya ikut Reksadana, HYIP, Forex, Saham yang semuanya sekarang bisa dilakukan di internet. Modal duit yang dikeluarkan juga harus besar, tapi hasil yang didapat juga bisa besar kalau mengerti seluk beluk Money Game, itu juga kalau situs jasa Money Game jujur dan transparan dalam memberi keuntungan kepada kliennya, karena sekali lagi di internet semua cara cari duit sangat rawan penipuan.

Tapi meskipun ada penipuan, bukan berarti semua orang yang berjualan atau menyediakan jasa di internet adalah penipu. Karena selalu ada orang yang betul-betul jujur dalam mencari duit di internet, tinggal bagaimana kita memilih secara hati-hati cara dan pada siapa kita melakukan transaksi atau melakukan pekerjaan untuk mendapat duit di internet.

Disertakan juga cara mendaftar di PayPal, yaitu situs transaksi online untuk orang yang berjual beli di internet dengan situs dari negara lain, dijelaskan langkah-langkah mendaftar dan bertransaksi di PayPal disertai gambar supaya lebih gampang dimengerti. Juga cara mendaftar dan bertransaksi di bank lokal yang punya situs internet, juga cara mentransfer duit lewat Western Union.

Tiap cara yang dijelaskan disertai kelebihan, kekurangan dan tips untuk melakukannya. Pilih dengan bijak dan cermat mana cara yang cocok dan disukai untuk mendapat duit dari internet.



Tidak ada komentar: